Laman

Waktu Adalah Uang

Waktu Adalah Uang

Kata2 mutiara hari ini...

Minggu, 15 Januari 2012


Audit  Jadi  Solusi

Tanggaran- Audit sebuah kata yang terdengar kurang nyaman di telinga! Kesan miring sering menjadi awal diadakanya hal tersebut. Akan tetapi bagi desa yang letaknya dibagian ujung trenggalek ini merupakan hal yang sudah rutin dialami, baik audit dari tingkatan kecamatan, Kabupaten, bahkan dari tingkatan provinsi sekalipun.
Seperti hari kamis, 29 Desember 2011  sekitar pukul 13.05 WIB  lagi-lagi desa ini terbidik audit, tidak main-main RMC PNPM provinsi Jawa Timur kali ini  yang menjadi auditornya. bukan karena terjadi penyimpangan ataupun temuan-temuan lainya yang menjadi dasar pelaksanaan audit. Akan tetapi sebagai tolok ukur sampai sejauh mana keberhasilan, dan apa saja yang menjadi kendala  dalam pelaksanan program.
Posko PnPm yang berlokasi di Balai Desa Tanggaran menjadi saksi kedatangan rombongan Auditor tersebut. Rasa takut, bingung, gelisah menyertai pelaku desa menyambut kedatangan para tim RMC. Pak Yonep adalah salah satu wakil dari RMC Provinsi Jawa Timur. Dokumentasi pengadministrasian mulai Proposal, Buku Kas, Transaksi Pengadaan Barang semua diperiksa, alhasil kesimpulan yang bagus mengobati kepenatan para pelaku desa, meskipun masih ada beberapa hal yang perlu diperbaiki kedepan. utamanya tanda tangan sebagai bukti legalitas. Para pelaku desa berharap kegiatan demikian dapat dilaksanakan kembali untuk terus meningkatkan prestasi program.
Tidak ketinggalan pula yang menjadi sasaran program PnPm Generasi Sehat dan Cerdas baik di bidang Kesehatan maupun di bidang Pendidikan juga ikut disurvey, apakah sudah  sesuai dengan sasaran atau tidak. Pak Yonep berdialog langsung dengan sasaran, bahkan mengecek raport sasaran, ternyata hasilnya cukup bagus semua nilai raport diatas KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal), bisa dibilang program berjalan maksimal. Mereka juga bertutur atas keluhan yang dialami, salah satu keluhanya adalah keinginan melanjutkan sekolah ke jenjang SLTA tetapi yang menjadi hambatan utamanya adalah beban ekonomi keluarga. Pak Yonep pun menanggapi keluhan sasaran, tetapi hal tersebut belum bisa di tindak lanjuti karena PTO untuk jenjang SLTA belum  ada. Yang jelas  ini akan dijadikan catatan penting PNPM. Paling tidak Wajib belajar 9 tahun dengan adanya program PNPM GSC sekarang sudah terpenuhi, meskipun masih banyak permasalahan di negeri ini.
Flowchart: Document: Dok. RBM PNPM PULE  Kamis, 29 Desember 2011  wibUntuk sasaran kesehatan setelah bertemu langsung dengan sasaran program beliau menyimpulkan bahwa peningkatan gizi anak balita harus terus dicanangkan karena mutu SDM suatu bangsa terletak pada kesehatan para generasi penerus utamanya pada balita yang masih pada masa pertumbuhan. Beliau senang setelah langsung melihat sasaran yang  mendapatkan bantuan gizi dari PnPm berat badan balita yang teranggar mengalami peningkatan signifikan yang biasanya 2 ons per bulan mampu 5 ons perbulanya. Juga berharap pemberian gizi terhadap balita dilakukan secara rutin, agar peningkatan berat badan runtun setiap bulanya.
Nah ternyata perasaan kurang nyaman setelah mendengar kata-kata audit hilang sudah, ini terbukti berbagai keluhan yang dialami dapat diungkapkan pada pakar PnPm pada saat pelaksanaan audit, sehingga memperoleh solusi terbaik. (by RBM PNPM PULE)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar